Langsung ke konten utama

TEMA 7 SUB TEMA 3 PB 3-4, Jumat/28 Januari 2022

   

MUATAN TEMATIK VI. C
GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si.



Good morning everyone, hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^


 TEMA 7. KEPEMIMPINAN SUBTEMA 3. AYO, MEMIMPIN
PB 3 dan 4

Mata Pelajaran yang muncul Bahasa Indonesia KD. 3.4 dan 4.3; I P S KD.3.3 dan 4.3 
 


TUJUAN PEMBELAJARAN :

1. Melalui kegiatan mengamati peserta didik  mampu menyusun teks pidato dengan percaya diri.

2. Melalui praktik, peserta didik dapat  berpidato dengan baik dan percaya diri.

3. Melalui kegiatan mengamati dan penugasan , peserta didik mampu menuliskan informasi tentang     bentuk-bentuk kerjasama dalam pendidikan antar negara di ASEAN dengan benar.


·        MUATAN BAHASA INDONESIA

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Berpidato 

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umumatau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pesan yang disampaikan dalam pidato ada yang disampaikan secara langsung misalnya dalam bentuk ajakan dan imbauan dan tidak langsung ,seperti dalam bentuk pernyataan tersirat.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyimpulkan pesan pidato sbb :    

1. Pesan harus mencakup isi pidato yang disampaikan.  

2. Pesan bukanlah ringkasan pidato, tetapi berupa penafsiran pendengar terhadap hal yang disampaikan oleh orator ketika berpidato.

Jika seseorang sedang berpidato, sebaiknya kita menyimak dengan baik. Dengan menyimak secara saksama, kita dapat mengetahui hal-hal penting yang disampaikan dalam pidato.

Cara menyimak yang baik adalah sebagai berikut.

·         Fokus terhadap isi pidato.

·         Mendengarkan pidato yang disampaikan dengan baik.

·         Mencatat hal-hal penting dalam pidato.

·         Menuliskan kesimpulan dalam pidato.

  

MUATAN IPS 

Kerjasama ASEAN di Bidang Pendidikan

1. Indonesia merupakan negara yang turut berperan aktif dalam kerja sama di bidang pendidikan. Beberapa peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN di bidang pendidikan adalah sebagai berikut.

2. Mendukung program pertukaran pelajar dengan memberikan beasiswa kepada para pelajar berprestasi.

3. Menyediakan sarana pendidikan yang memadai untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pelajar Indonesia.

4. Menyusun kurikulum pendidikan yang berlandaskan pada perdamaian dunia, menghargai Hak Asasi    Manusia (HAM), serta prinsip demokrasi.

5. Kerja sama dengan negara lain untuk mengembangkan ilmu pengetahuan atau teknologi yang dimiliki. 

Berikut ini salah atu contoh kerja sama ASEAN dibidang pendidikan :


UNTUK LEBIH MEMAHAMI MATERI DI ATAS, SILAHKAN TONTON VIDEO BERIKUT !!!   

TUGASMU!

Anak - anak pada pertemuan lalu kalian sudah membuat teks pidato. Pada pertemuan hari ini tugas mu praktik berpidato dengan baik dan penuh percaya diri, sesuai dengan teks pidato yang telah kamu buat pada pertemuan lalu. (divideokan dan kirim ke WA bu guru )

-----------------------------------------------
Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran
Kamis, 27 Januari 2022
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, SENIN/08 MEI 2023

                                                                                    MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Untuk mengukur besar suatu sudut, kita menggunakan alat…. 2. Sebuah sudut yang lebih besar dari 180˚ tetapi lebih kecil dari 360˚ disebut… 3.  Nama sudut di bawah ini adalah…. 4.  Perhatikan gambar di bawah ini! Yang merupakan sudut lancip adalah… 5. Berapakah besar sudut berikut ini! 6. Jarum Jam dibawah ini merupakan jenis sudut …. 7. Besar sudut satu putaran adalah . . . . 8. Besar sudut terkecil yang te

KELAS 4B : LATIHAN SOAL TEMATIK, KAMIS/11 MEI 2023

                                                                                      MUATAN TEMATIK  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis jawabannya saja dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. " Kita harus menghemat energi karena sebagian energi yang ada di Indonesia jumlahnya terbatas" . Pertanyaan yang tepat untuk jawaban wawancara tersebut adalah .... 2. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf yang fungsinya memberi penjelasan terhadap kalimat utama dinamakan .... 3. Gaya yang diberikan oleh tali busur ketika anak panah melesat adalah .... 4. Energi alternatif yang memanfaatkan

KELAS 4B : LATIHAN SOAL MATEMATIKA, RABU/10 MEI 2023

                                                                                     MUATAN MATEMATIKA  IV. B GURU KELAS : ANISA RISKA ANDI SAPUTRI, S.Si. Good morning everyone, how are you students? hopefully we're healthy and always in the protection of Allah. Before we start our study, better we listen to tausiyah, pray to Allah, pray dhuha, and moroja'ah. Also thanks to mom and dad, who always accompany the children in learning. ^^ Kerjakan di buku latihan, tulis soalnya dan jangan lupa untuk mengirim jawabannya tepat waktu ya (batas kumpul pukul 15.00). Latihan soal : 1. Jelaskan perbedaan antara sudut tumpul dengan sudut lancip! Soal nomor 2 dan 3. Perhatikan gambar berikut. 2. Berapkah besar sudut antara utara dengan timur laut ? 3. Berapakah besar sudut antara Timur dengan Barat daya ? 4. Berapa derajat sudut terbesar dan terkecil yang terbentuk saat jarum jam menunjukkan pukul 10.30? 5. Gambarkan sudut yang terbentuk pada pukul 10.30! C. Kegiatan Penutup (10 menit) Se